Jumat, 19 Februari 2016

Ketentuan Khusus Peserta SNMPTN yang Memilih Prodi di UNS Tahun 2016

Secara kebetulan admin malam ini membuka website resmi Universitas Sebelas Maret (UNS) dan ternyata ada informasi terbaru mengenai salah satu jalur masuk UNS, yaitu SNMPTN. Disebutkan bahwa ada beberapa ketentuan khusus yang ditetapkan panitia SPMB UNS, untuk lebih jelasnya berikut kutipan informasinya :


Berikut beberapa Ketentuan Khusus Bagi Peserta yang memilih Program Studi di UNS
1. Setiap peserta dapat memilih program studi, dengan syarat:
  • Siswa pelamar dari SMA/MA IPA dapat memilih semua program studi baik kelompok IPA maupun IPS.
  • Siswa pelamar dari SMA/MA IPS hanya dapat memilih program studi kelompok IPS, Psikologi, Agribisnis, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian.
  • Siswa pelamar dari SMA/MA Bahasa hanya dapat memilih program studi kelompok IPS, Agribisnis, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian.
  • Siswa pelamar dari SMK/MAK MA Jurusan Keagamaan dapat memilih program studi Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Pend. Sejarah, Pend. Luar Biasa/Khusus, Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga, Pend. Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, PGSD, Bimbingan Konseling, PG PAUD, Sastra Arab, Pend. Bahasa Jawa.
  • Siswa pelamar dari SMK/MAK hanya dapat memilih program studi yang serumpun sesuai dengan ketentuan yang diberikan
Informasi dapat dilihat di laman http://www.spmb.uns.ac.id.

2. Setiap peserta dapat menyertakan Portofolio Prestasinya jika peserta mempunyai prestasi di bidang:
  • Olahraga atau Seni di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI, POPSI dan atau institusi/badan yang sesuai dengan bidangnya (pada 2 tahun terakhir).
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).
  • Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir.
Jadi semakin banyak sertifikat dan prestasi yang pernah anda raih, berarti kesempatan untuk anda masuk UNS melalui jalur SNMPTN semakin terbuka lebar, semangat dan semoga bermanfaat.

Share this