Jumat, 05 Februari 2016

10 Tipe Mahasiswa yang Akan Anda Temui di Lingkungan Kampus


Tipe – tipe yang berbeda dari setiap mahasiswa akan anda temukan di bangku kuliah, jika anda adalah seorang mahasiswa baru. Tentunya dari mulai kebiasaan yang positif sampai negatif pasti akan hinggap di bendak anda dan teman – teman dalam suatu kampus. Nah menurut berbagai sumber dan pengalaman pribadi admin sendiri sebagai seorang mahasiswa, ada beberapa tipe mahasiswa yang pasti akan anda temui.


Berikut beberapa tipe mahasiswa yang kerap dijumpai di kampus.
1. Mahasiswa kura-kura
Tipe Mahasiswa "kura-kura" (kuliah-rapat) merupakan tipe mahasiswa yang aktif di kampus, baik dalam organisasi, kepanitiaan, dan UKM. Setelah selesai mengikuti perkuliahan, mereka disibukkan dengan rapat atau kumpul anggota, bahkan hingga larut malam. Mahasiswa tipe ini punya sisi positif yakni memiliki jaringan yang luas karena tidak berteman dengan teman sejurusan saja.

2. Atlet kampus
Tipe mahasiswa ini menghabiskan waktu di luar kuliah untuk latihan dan olahraga. Setelah Perkuliahan selesai biasanya mereka akan mencari kesibukan berolahraga hingga bergabung dalam sebuah tim untuk mewakili jurusan, fakultas, atau kampus saat ada turnamen. Misalnya saja, bergabung dalam tim futsal, basket, renang, dan bulu tangkis.

3. Tukang titip absen
Mahasiswa tipe ini biasanya hanya akan terlihat di jadwal kuliah yang terlihat penting, misalnya jika ada ujian atau praktikum. Selain itu tipe mahasiswa ini cenderung menitipkan absen tanda tangan melalui teman – temannya. Namun untuk anda mahasiswa baru jangan coba menjadi mahasiswa tipe ini, karena dosen sekarang sudah semakin tahu kebiasaan mahasiswanya

4. Tukang copas tugas
Mahasiswa ini termasuk mahasiswa yang malas dalam mengerjakan tugas. Sebab, bisa saja dia hadir dalam kelas kuliah, namun tidak mengerjakan apa-apa. Akibatnya, saat ada tugas atau kerja kelompok, dirinya hanya menunggu temannya selesai dan menyalin tugas tersebut (copy-paste).

5. Mahasiswa eksis
Sebenarnya tipe mahasiswa ini muncul sendiri dari mulut ke mulut. Mahasiswa jenis ini biasanya jadi "artis kampus". Artinya, hampir seluruh penghuni kampus mampu mengenalinya. Hal tersebut bisa karena prestasi, paras wajah, dan lain sebagainya yang biasanya cerita mengenai kelebihannya erkembang kemana - mana

6. Mahasiswa ansos
Dalam satu angkatan, pasti ada mahasiswa yang lebih suka menyendiri dibandingkan bersosialisasi dengan teman. Mahasiswa anti sosial alias ansos ini dinilai seperti punya dunia sendiri dan misterius. Tipe mahasiswa ini biasa datang pas jadwal kuliah saja dan menghilang entah kemana

7. Mahasiswa berprestasi
Tipe mahasiswa ini yang harus anda tiru karena Mahasiswa tipe ini tentu unggul di bidang akademis. Nilai dan IPK-nya sudah tidak diragukan lagi. Mereka sering mewakili kampus dalam berbagai kompetisi. Mahasiswa tipe ii biasanya sering menghabiskan waktunya di perpustakaan atau menjadi asisten Dosen.

8. Dua sejoli
Mau tidak mau anda akan melihat tipe mahasiswa ini dalam kampus atau bahkan teman sekelas. Biasanya tipe mahasiswa dua sejoli lebih sering menghabiskan waktu di kampus bersama pacar ketimbang dengan teman. Segala aktivitas, seperti makan di kantin, ke perpustakaan, hingga beli buku dilakukan berduan.

9. Mahasiswa "kupu-kupu"
Mahasiswa "kupu-kupu" (kuliah-pulang) hanya menghabiskan waktu di kampus untuk kuliah, tanpa mengikuti kegiatan lainnya. Selebihnya, dia memilih pulang, dan melakukan aktivitas di luar kampus.

10. Mahasiswa ‘Kunang-Kunang’
Mahasiswa dengan tipe ‘kunang-kunang’ ini maksudnya ‘kuliah nangkring-kuliah nangkring’. Nah, mahasiswa yang masuk dalam kelompok ini pasti memiliki kriteria seperti ini nih. Mahasiswa jenis ini menguasai tempat-tempat nongkrong di kampus atau Mall. Biasanya, waktu yang dihabiskan buat nongkrong itu lebih banyak dari waktu kuliah ataupun waktu ngerjain tugasnya. 

Bagaimana dengan anda?. Tentunya anda akan bisa mengetahui tipe anda jika nanti sudah memasuki bangku kuliah, tentunya apapun tipe anda dan tipe teman – teman di kampus. Itu semua adalah pilihan pribadi masing-masing yang harus dihargai.

Share this