Sabtu, 06 Februari 2016

5 Politeknik Terbaik di Indonesia

Politeknik dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institut, sekolah tinggi, dan universitas. Politeknik umumnya menyelenggarakan pendidikan vokasi atau Program Diploma dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus

Nah, salah satu perbedaan yang bisa kita lihat antara universitas dengan politeknik terletak pada teori dan praktik, jadi politeknik 75% adalah praktik dilapangan, sedangkan teori disesuaikan pada kebutuhan praktek dilapangan dan itu tentunya berbanding terbalik dengan universitas pada umumnya.


Tujuannya politeknik adalah mencitakan lulusanya dapat bekerja secara professional dalam keahlian tertentu, politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk membentuk kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di indonesia sampai sekarang terdapat 42 politeknik yang berstatus negeri sedangkan politeknik swasta cukup banyak. Berdasarkan beberapa kriteria, berikut 5 Politeknik Terbaik dan Terfavorit yang ada di Indonesia Tahun 2016 :
                                                                                  

1.Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Poman Bandung)
Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN) adalah Politeknik Negeri pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). POLMAN Bandung berdiri sejak tahun 1977 yang merupakan hasil kerjasama bilateral antara pemerintah RI dan pemerintah Konfederasi Swis.

Informasi Selengkapnya Silahkan kunjungi halaman ini : polman-bandung.ac.id




 

2.Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)


Politeknik Negeri Bandung (disingkat POLBAN) adalah sebuah perguruan tinggi advokasi negeri yang mulanya POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Sejak tahun 1999, Politeknik ITB menjadi institusi mandiri yang terpisah dari ITB. POLBAN sendiri terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Informasi Selengkapnya Silahkan kunjungi halaman ini : polban.ac.id


3.Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)


Politeknik Negeri Jakarta, sejarahnya bermula dari Fakultas Non-Gelar Teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) merupakan lembaga pendidikan tinggi Diploma III yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur.

Pembelajaran di PNJ mengaplikasikan Kurikulum Nasional (Kurnas) pendidikan profesional secara bertanggung jawab dengan didukung oleh dosen-dosen profesional. Sistemnya adalah dengan mempertemukan ilmu dan teknologi sesuai komposisi teori 55% dan praktek 45% yang diaplikasikan secara harmonis untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri. 
Informasi Selengkapnya Silahkan kunjungi halaman ini : pnj.ac.id


4.Politeknik Negeri Medan(POLMED)


Pada tahun 1979 Universitas Sumatera Utara ditetapkan sebagai salah satu dari 6 Universitas/Institut yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari DIKTI, dengan nama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan.

Dengan 16 program studi yang ada dan fasilitas kampus seluas 8.5 ha, Politeknik Negeri Medan mempersiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Politeknik Negeri Medan juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan turut serta mengembangkan jiwa wirausaha bagi para peserta didik. Saat ini Politeknik Negeri Medan mendidik lebih dari 5.500 mahasiswa dan telah menamatkan lebih dari 20.000 alumni yang telah bekerja di berbagai sektor industri.

Informasi Selengkapnya Silahkan kunjungi halaman ini : polmed.ac.id

 

5.Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda atau disingkat Polnes adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman.

Polnes memiliki lokasi kampus di Jalan dr. Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Samarinda Seberang dengan luas lahan 10 hektare, yang dilengkapi dengan gedung Direktorat, Ruang kuliah, Ruang Serba Guna, gedung Labolatorium dan Bengkel, Gedung Perpustakaan, Gedung Pusat Komputer, Gedung Pusat Bahasa, Gedung Pusat Kegiatan Kemahasiswaan dan gedung penunjang lainnya.

Informasi Selengkapnya Silahkan kunjungi halaman ini : polnes.ac.id

Sekian informasi mengenai 5 Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia, semoga bermanfaat

Share this