Rabu, 10 Februari 2016

Informasi Jalur Seleksi Mutiara Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tahun 2016



Jalur Seleksi Mutiara UMRAH merupakan bagian dari Jalur Penerimaan Mandiri UMRAH dengan memberikan kemudahan bagi calon peserta yang memiliki kemampuan/bakat dibidang non-akademis. Hal tersebut sejalan dengan adanya kebijakan Universitas untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi kepada calon mahasiswa baru yang memiliki presestasi non-akademis dan menjaring bibit-bibit potensial calon mahasiswa baru pada bidang non-akademis. Skema Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri – MUTIARA UMRAH diharapkan dapat memberikan kesempatan tersebut kepada putra-putri yang berasal dari Kepri secara khusus dan Indonesia secara umum.

Calon peserta yang memiliki kemampuan pada bidang-bidang dibawah ini dapat melakukan pendaftaran pada Jalur Mandiri MUTIARA UMRAH :
  • Seni dan Budaya
  • Olahraga
  • Minat dan Bakat
  • Agama
  • Bahasa
Calon peserta seleksi yang berprestasi dalam bidang non-akademis harus dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh Sekolah / Departemen/ Kementerian/ Badan/ Lembaga/ Institusi/ Dinas dan Organisasi resmi yang diakui pemerintah; Seperti Sekolah / Kemdikbud/ Dinas Pendidikan, Kemenag, LIPI, Pramuka, KONI, BAPOPSI, yang seluruhnya disahkan (dilegalisir) oleh Dinas / Kementerian / Badan / lembaga / Institusi dan Organisasi yang mengeluarkan sertifikat tersebut.

MEKANISME SELEKSI

1. Penjaringan Calon Peserta

Mekanisme penjaringan calon peserta tes jalur mandiri MUTIARA UMRAH dilakukan oleh pihak sekolah sesuai dengan ketentuan dari UMRAH. Pihak sekolah berhak memberikan rekomendasi bagi siswa/I yang akan mengikuti seleksi jalur mandiri MUTIARA UMRAH. (Lihat lampiran Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah)

2. Pendaftaran Peserta

Seluruh peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri MUTIARA UMRAH tahun 2016 diwajibkan melakukan pendaftaran dengan mengisi borang pendaftaran yang disediakan oleh UMRAH melalui masing-masing sekolah pada waktu pendaftaran yang telah ditetapkan.
Untuk persiapan pendaftaran, peserta harus melampirkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai berikut :
  1. Borang pendaftaran jalur seleksi mandiri MUTIARA UMRAH Tahun 2016
  2. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah
  3. Daftar prestasi dan kegiatan non-akademis yang pernah diikuti selama menumpuh pendidikan di SMA/SMK/MA/MAK;
  4. Presetasi non-akademik yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan

3. Seleksi Administrasi dan Wawancara

Seleksi jalur mandiri MUTIARA UMRAH tahun 2016 terdiri dari seleksi administrasi dan wawancara langsung. Seleksi administrasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan non-akademis yang dimiliki oleh calon mahasiswa baru. Proses wawancara merupakan kelanjutan dari seleksi administrasi yang telah dilakukan. Calon mahasiswa baru yang eligibel (lolos seleksi administrasi) akan undang untuk mengikuti seleksi wawancara langsung yang diadakan oleh UMRAH.

4. Penetapan Kelulusan

Penetapan kelulusan seleksi jalur mandiri MUTIARA UMRAH ditetapkan oleh panitia seleksi berdasarkan hasil seleksi administrasi dan wawancara yang diikuti oleh setiap peserta seleksi. Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.

5. Waktu dan Tempat Seleksi

Pelaksanaan pendaftaran jalur mandiri MUTIARA UMRAH dilakukan pada masing-masing sekolah. Calon peserta diwajibkan mengirimkan berkas seleksi administrasi dalam amplop tertutup (cap pos) ke-alamat : PANITIA PMB JALUR SELEKSI MUTIARA UMRAH – 2016 RUANG BAKK KAMPUS UMRAH DOMPA, JALAN RAYA DOMPAK, PO BOX 155 TANJUNGPINANG 29111, KEPULAUAN RIAU 

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diikutkan dalam seleksi wawancara yang akan dilaksanakan di KAMPUS UMRAH DOMPAK.
Jadwal Seleksi Mahasiswa baru UMRAH :

Biaya

  1. Proses pendaftaran calon peserta tidak dipungut biaya.
  2. Biaya transportasi dan akomodasi selama seleksi wawancara jalur mandiri MUTIARA UMRAH tahun 2016 ditanggung oleh setiap peserta.

Share this