Kamis, 26 Mei 2016

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) dan Akreditasi Program Studinya



Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) merupakan salah satu perguruan tinggi Islam negeri tertua di Indonesia yang bereputasi, dan meneguhkan diri sebagai pusat pengembangan dan penyebaran peradaban Islam Indonesia rahmatan lil’alamin. UINSA Surabaya mengembangkan keilmuan berparadigma integrated twin towers sebagai pola pengintegrasian ilmu-ilmu keislaman dengan disiplin keilmuan lain. Paradigma keilmuan UINSA ini disimbolisasikan secara fisik pada gedung  twin towers yang kini sedang dibangun, yang disupport oleh Islamic Development Bank (IDB).
 

Dalam konsep ini, menara kembar (twin towers) menjadi simbol dua bidang keilmuan, yakni ilmu keislaman dan sains modern. Kedua tower ini bukan dipandang sebagai sesuatu yang dikotomis, tetapi merupakan suatu kesatuan yang masing-masing mempunyai obyek spesifik dan ciri tersendiri, namun memiliki kesamaan dalam perspektif fundamental. Keduanya lebih lanjut diintegrasikan dengan jembatan  penghubung  berupa  interconnecting  bridge  yang  dalam  praktik operasionalnya bisa berupa metodologi yang saling mengisi dan menguatkan, serta temuan informasi ilmiah yang saling memberikan pencerahan sehingga terdapat titik temu. Dengan begitu, dimungkinkan terjadinya proses “saling sapa“ antara tower satu dan tower yang lain.

Studi di UINSA Surabaya didesain melalui standar mutu internal serta standar mutu nasional (KKNI) dan internasional, dengan model pembelajaran yang memadukan antara online learning dengan face to face learning, yang biasa kita disebut blended learning.

Secara umum, pengalaman belajar di kampus ini selalu diupayakan untuk menemukan, mengembangkan, melakukan inovasi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ilmu-ilmu keislaman,  sosial-humaniora serta sains dan teknologi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri, unggul, kompetitif, inovatif, dan bermoral.

Bagi anda yang berminat melanjutkan studi ke UINSA, berikut Akreditasi setiap program studinya :





Share this