Jumat, 22 April 2016

Informasi Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura (UNTAN) Tahun 2016/2017


Universitas

Tanjungpura adalah Perguruan Tinggi Negeri di Pontianak yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1959. Lokasi kampus UNTAN berada di kota Pontianak dan dengan mudah dapat dikenali dari adanya Tugu Digulis yang berada di muka kampus. Tugu Digulis ini dikenal juga sebagai Bundaran UNTAN.Hingga saat ini, UNTAN memiliki 8 Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua ( S2 ).


Setiap tahun Universitas Tanjungpura melaksanakan penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 2 tahun 2015 Perguruan Tinggi dapat menjaring paling banyak 20% mahasiswa baru pada setiap program studi melalui pola penerimaan mahasiswa secara mandiri.

Sehubungan dengan itu tahun akademik 2015/2016 Universitas Tanjungpura menyediakan Program Reguler ( kelas pagi ) dan Program Percepatan APK PT ( kelas sore dan malam ) untuk penerimaan mahasiswa baru.

Penjaringan mahasiswa baru melalui pola penerimaan mahasiswa secara Mandiri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut Informasi Selengkapnya mengenai Seleksi Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN 2016

PERSYARATAN
A. UMUM
Calon Peserta Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura (SM UNTAN) 2016 harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. Bagi yang memilih Program Reguler A, Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMK atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2014, 2015 dan 2016.
  2. Bagi yang memilih Program Reguler B Program Studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan Lulusan SMA/MA tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016.
Bagi yang memilih Program Reguler B Selain Program Studi tersebut pada No. 2 tahun lulusan tidak dibatasi.
Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

B. KHUSUS
Calon Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian.
Bagi calon peserta yang memilih program studi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
Bagi calon peserta yang memilih Program Studi Pend Biologi,Pend Fisika, Pend Kimia, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan harus menyerahkan surat keterangan bebas buta warna dari Dokter Spesialis.
Bagi calon peserta yang memilih program studi Ilmu Hukum Reguler B diwajibkan mengikuti tes wawancara.
Program Studi Pendidikan Dokter, hanya menerima calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA
Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan

BIAYA UJIAN
Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
Bagi peserta yang memilih program studi Penjaskesrek , Pendidikan. Seni Tari dan Musik wajib membayar biaya ujian keterampilan khusus sebesar Rp. 100.000,-
Bagi peserta yang memilih program studi Ilmu Hukum, Reguler A dan B wajib membayar biaya tes wawancara sebesar Rp. 100.000,-

JENIS TES 
1. Tes Potensi Akademik (TPA).
2. Tes Kemampuan IPA, terdiri atas : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika
3. Tes Kemampuan IPS, terdiri atas : Sejarah, Geografi, Ekonomi dan IPS terpadu
4. Tes Kemampuan Bahasa, terdiri atas : Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

WAKTU PENDAFTARAN ONLINE
1. Seleksi Tahap I : 15 Juni s/d 15 Juli 2016, pukul 17.00 WIB. ( perkiraan )
2. Seleksi Tahap II * : 18 Juli s/d 24 Agustus 2016, pukul 17.00 WIB ( perkiraan )
*Seleksi Alokasi Tahap II bukan merupakan ujian tulis tetapi seleksi alokasi yang dilaksanakan menggunakan nilai Seleksi Mandiri Tahap I dan diperuntukan bagi prodi yang masih belum terpenuhi kuotanya.

UJIAN TERTULIS
Seleksi Tahap I
Ujian tertulis dilakukan tanggal 28 Juli 2016 ( perkiraan )
Ujian ketrampilan dilakukan tanggal 29 Juli 2016 ( perkiraan )

PENGUMUMAN HASIL
Seleksi Tahap I
Hasil ujian diumumkan melalui media masa dan website dengan alamat http://scmb.untan.ac.id pada tanggal 6 Agustus 2016 ( perkiraan ).

Seleksi Tahap II
Hasil ujian diumumkan melalui media masa dan website dengan alamat http://scmb.untan.ac.id pada tanggal 21 Agustus 2016 ( perkiraan ).
Catatan : Apabila terjadi perubahan tanggal pengumuman akan diberitahukan melalui media masa.

REGISTRASI ULANG
Seleksi Tahap I  ( perkiraan )
Bagi peserta yang diterima harus mendaftar (registrasi) di BAAK Untan pada tanggal 10 Agustus s.d. 14 Agustus 2016 dengan menunjukkan tanda peserta ujian Seleksi Mandiri Untan 2016.

Seleksi Tahap II ( perkiraan )
Bagi peserta yang diterima harus mendaftar (registrasi) di BAAK Untan pada tanggal 24 Agustus s.d. 26 Agustus 2016 dengan menunjukkan tanda peserta ujian Seleksi Mandiri Untan 2016.

Share this